Komputer dan Laptop Tidak Bisa Terhubung Ke Internet, Ini Solusinya

Posted by

 Jaringan Internet Tidak Terhubung

Tidak Bisa Terhubung Ke Internet - Pada postingan ini saya akan membahas sebab koneksi internet anda tidak bisa terhubung ke internet walaupun Driver WLAN (Wireless) nya telah terinstal, selain itu saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana anda mengatasi hal tersebut sebelum anda mengambil keputusan lebih jauh dengan melakukan proses instalasi windows 7, 8, atau pun windows 10, dengan kata lain INSTAL ULANG OS. 

Semua browser sudah anda coba mulai chrome, firefox, Internet explorer (IE), safari, Opera dll tapi tetap tidak bisa browsing. Sebelum itu, saya akan memberikan tips sebelum menjalankan tutorial yang akan anda jalankan ini. Berikut penjelasannya:

1.  Pastikan bahwa Driver Wireless pada Laptop anda telah terinstal dengan baik
2. Pastikan bahwa koneksi internet anda memang normal atau ada jaringan internet yang cukup.
 Bila dua langkah di atas telah anda lakukan dan bagus hasilnya, maka silahkan anda ikuti langkah berikut untuk mempercepat koneksi internet anda agar tidak nge lag.
a.       Pada keyboard anda, silahkan tekan tombol bergambar windows + R
b.       Setelah muncul menu ”run”, maka silahkan ketikkan “cmd” tanpa tanda kutip
c.       Setelah  “command prompt” atau “cmd” muncul, silahkan anda ketikkan seperti berikut:
ping -l 1000 -t 8.8.8.8
ping -l 1000 8.8.8.8 -t
ping -l 1000 192.168.1.1 –t (192.168.1.1 adalah IP Indonesia pada umumnya untuk mengakses internet)

Sekarang kita lanjutkan pembahasan sebelumnya yakni mengapa PC/Laptop anda tidak bisa terhubung ke internet padahal driver telah terinstal dan jaringan internet di tempat anda juga cukup bagus ? 

Terkadang saat kita mencoba terkoneksi ke hotspot/WiFi ataupun modem ditemui beberapa masalah, seperti status dari WiFi di laptop kita menunjukkan telah koneksi jaringan, tetapi kita tidak bisa browsing atau mengakses internet ada sebabnya bilamana contoh kasus yang anda dapat sama seperti di atas, maka mungkin anda mengalami hal berikut:

1. IP address di internet protocol hal ini mungkin disebabkan karena sebelumnya kita memanfaatkan kabel LAN. Cara mengatasinya lihat gambar dibawah ini:

cara mengatasi komputer tidak bisa konek

komputer tidak bisa terhubung ke internet

2. Proxy terisi pada browser, disebabkan karena sebelumnya kita koneksi dengan WiFi yang menggunakan proxy atau firewall windows kita tembus dikarenakan semacam malware, atau Virus atau bisa juga karena ada bagian dari sistem PC kita yang error. Cara mengatasinya, buka tab baru pada browser chrome anda lalu ketikkan chrome://settings dan ikuti langkah berikut:

 solusi laptop tidak bisa konek ke internet

 solusi mengatasi laptop tidak bisa konek ke internet

3. Renew IP Address mengalami kegagalan atau pemberian ip secara manual, network connected namun tidak memperbaiki koneksi internet.
 cara mengatasi sebab komputer laptop tidak konek ke internet

4. Anda diserang oeh pengguna NetCut. Netcut adalah software pemotong koneksi internet saat kita sedang konek ke jaringan publik/umum seperti hotspot/WiFi cafe dan lain sebagainya. Cara mengatasinya:
  • Ganti IP address anda secara manual ataupun memakai tools/software
  • Gunakan software pelindung, seperti “Anti Netcut”dan “Anti ARP”
Demikian lah langkah-langkah mengatasi masalah komputer/laptop tidak bisa konek hotspot/wifi atau ke internet. Masih banyak cara mengatasinya, tapi yang umum terjadi adalah beberapa hal yang telah dijelaskan di atas. Mohon maaf bila ada kekurangan. Selamat Mencoba

Bila Masih Bingung dan ingin bertanya ataupun ingin memberi saran, silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah postingan ini. Terima Kasih


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung! Kritik dan Saran Akan Membangun Situs Kami, Semoga Artikelnya Bermanfaat