Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel

Posted by

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel
Dikesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengetahui jumlah kata dalam artikel yang anda tulis, kan repot juga jika menulis postingan tetapi tidak tahu jumlah kata pada artikel yang kita publish, apalagi sampai mau hitung manual kata demi kata hahaha, bercanda. Untuk mengetahui berapa jumlah kata pada setiap artikel yang kita buat, sebenarnya cukup mudah karena ada beberapa cara dan tools yang tersedia, baik yang online, offline, gratisan, ataupun berbayar. Sebelum kita bahas cara dan tools yang bias kita pakai dalam mengetahui jumlah kata dalam artikel kita, kita ulas dulu mengapa sih jumlah kata harus diketahui?

Apa Penting Mengetahui Jumlah Kata di dalam Artikel

Sahabat Daeng pastinya pernah mendengar tentang syarat artikel berkualitas kata Um google adalah minimal jumlah kata dalam artikel kita mempunnyai teks yang memadai. Apalagi yang bergelut di dunia blogging tentu akan menjadi perhatian serius, itulah pentingnya mengetahui jumlah kata dalam setiap artikel kita walaupun bukan hanya itu saja yang menentukan berkualitas tidaknya artikel yang kita publish. Khusus untuk postingan ini hanya akan membahas tentang Cara Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel. Menurut banyak blogger, artikel yang memadai itu adalah minimal berisi kata antara 350 sampai 500 kata. Ya, memang banyakkan? Tapi menurut saya cukup dengan 300 kata saja itu sudah memadai apalagi kalau artikel yang kita publish baik sadar ataupun tidak sadar telah menyisipkan konsep 5W + 1H tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Jadi kesimpulannya adalah jumlah kata dalam artikel kita itu sangat mempengaruhi minat membaca dari para pengunjung BLOG kita karena artikelnya padat, unik dan mudah dipahami, selain itu bagi para Blogger yang ingin mencoba mendaftarkan blog/situs nya pada program Google Adsense, atau ingin ikut dalam kontes, maka saya sarankan perhatikan kualitas artikelnya bila ingin lolos APPROVE. Berikut ini tools yang sering saya pakai untuk menghitung jumlah kata dalam artikel:

Tools Menghitung Jumlah Kata Secara OfflineTools Menghitung Jumlah Kata Secara Offline

Tools ini sebenarnya lebih mudah tanpa harus online dulu setiap menulis artikel karena mudah didapat dan sering kita pakai untuk mengetik. Betul Daeng, tools itu adalah Microsoft Office Word. Cukup buka dokumen baru dan menulis di Microsoft Office Word sudah otomatis akan terhitung oleh tools ini. Jika sudah terlanjur mengetik di Blog cukup Ctrl + A lalu Copy dan Paste ke Word. Klik Review lalu pilih Word Count dan akan memunculkan jumlah kata dalam artikel anda.

Tools Menghitung Jumlah Kata Secara Online

Tools menghitung jumlah kata ini juga banyak bertebaran di Internet dan bukan hanya kata saja yang bisa dihitung tapi juga jumlah paragraf karakter dalam artikel kita. Saking banyaknya, saya hanya memakai 3 tools berikut:

1. Word Count Tools

Tools ini hanya menghitung kata yang berbentuk alfabet, angka dan simbol tidak akan dihitung.
Contoh: Saya makan 2 mangkok coto Makassar (yang terhitung cuma 5 kata bukan 6)

2. Word Calc

Tools ini bisa menghitung jumlah kata, suku kata dan karakter tapi tidak menghitung spasi. Selain itu, dapat juga menganalisa isi paragraf dan kalimat.
Contoh: Saya makan 2 mangkok coto (Terhitung 6 kata, 8 suku kata, 1 Kalimat, 22 Karakter dan tanpa spasi)

3. Centricle

Tool ini menghitung jumlah kata, karakter beserta spasinya.
Contoh: Saya makan 2 mangkok coto (terhitung 5 kata, 26 karakter beserta spasi)

Beberapa tools di atas hanya sebagian kecil dari tools penghitung kata, suku ktata, karakter, kalimat dan paragraph. Banyak situs penyedia jasa seperti itu di internet. Silahkan cari yang vovok dengan anda. Demikian artikel saya tentang Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Artikel, moga bermanfaat. Terima Kasih. Salam Daeng!


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:10 AM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung! Kritik dan Saran Akan Membangun Situs Kami, Semoga Artikelnya Bermanfaat